Cipta Karya Kreatif

Jika Anda sering mengunjungi event di Gasibu atau Gedung Sate, di mana terdapat video mapping di setiap akhir acara mungkin Anda sudah tau apa itu Sembilan Matahari.  PT. Sembilan Matahari merupakan sebuah perusahaan yang berperan sebagai creative agency yang berbasis di kota Bandung, PT. Sembilan Matahari didirikan oleh sekelompok alumni muda ITB Lintas bidang keilmuan. Karya-karya PT. Sembilan Matahari yang dikemas  artistik dengan nilai-nilai sosio-tekno-kultur akan membuat pesan yang ingin disampaikan dapat diterima  dengan baik oleh target pasar.

Tujuan PT. Sembilan Matahari sendiri adalah memberi kepuasan pada klien dengan secara pikiran yang mendalam, desain yang tepat, unik, dan inovatif yang sesuai dengan pemikiran klien. Saat ini PT. Sembilan Matahari telah menghasilkan beberapa karya yang inovatif, seperti film, video maping, animasi dan beberapa karya lainnya. Pada tahun 2009, PT. Sembilan Matahari meluncurkan karya film perdananya yang berjudul Cin(T)A, film ini telah meraih penghargaan piala Citra untuk kategori penulis cerita terbaik. Berikut adalah hasil karya PT. Sembilan Matahari

Sebenarnya PT. Sembilan Matahari bukan hanya memproduksi video mapping, film, video, dan sebagainya. Tetapi produk yang paling inovatiof yang ia ciptakan dan termasuk dalam produk pertama di Indonesia adalah 3D Hologram. 3D Hologram adalah sebuah tampilan visual yang berbentuk 3D, bukan 2D seperti yang kita lihat. 3D Hologram ini, seperti yang biasa kita lihat di film spy genre action yang menggunakan peralatan super canggih, masih dirasa mustahil atau belum bisa digapai. Namun, dengan kemampuan yang dipunyai, walaupun bukan 3D Hologram asli, PT Sembilan Matahari mampu berusaha membuat 3D Hologram yang sangat berguna sebagai media advertising masa kini. PT Sembilan Matahari pernah membuat 3D Hologram yang berada di dalam prisma ini untuk Shell. Untuk mengetahui berbagai karya kreatif dari Sembilan Matahari, bisa mengunjungi website di http://www.sembilanmatahari.com

Advertisements

Out of Your Mind

Selamat datang di tugas kedua yeey!

Kali ini pembahasan kita mengenai kreatif. Sebenernya apa sih kreatif itu? Dan kenapa kita butuh kreatif? Untuk menjawab hal-hal tersebut, coba lihat video di atas yuk.

Video tersebut adalah salah satu cuplikan atau trailer dari acara National Geograohic, Test Your Brain. Pertama kali saya melihat iklannya saya cukup kaget akan segala fakta dari fenomena yang terjadi. Kalo sesuai sama judul postingan kali ini sih, bisa dibilang out of your mind. Inilah yang menurut saya disebut kreatif. Out of mind, fresh, dan nggak terduga oleh orang lain. Kreatif bagi saya bisa dikatakan sebagai suatu hal yang mengejutkan, sesuatu yang tidak biasa dan tidak terpikirkan oleh orang lain.

Pentingkah kreatif itu? Jelas saja penting. Kreatif sangat dibutuhkan, terutama di zaman globalisasi sekarang ini yang tingkat kompetisinya sangat tinggi. Kita membutuhkan sesuatu yang fresh dan tidak terduga untuk mengejutkan pasar. Kita dituntut untuk berpikir sesuatu yang lebih unik, lebih maju, dan lebih tidak dipikirkan orang lain untuk mendapatkan nilai tambah pada sesuatu yang ingin diberikan oleh konsumen atau pasar. Hal ini bertujuan tentunya untuk menarik lebih banyak konsumen yang secara tidak langsung “teperdaya” oleh persepsi baru yang berbeda dari kebiasaan.

Oke, berhubung tugas kedua adalah menjelaskan sosok kreatif, mungkin sampai di sini ada yang bertanya-tanya kira-kira siapa sih figur kreatif bagi saya? Dan mungkin ada beberapa orang yang berharap namanya disebutkan di sini #eaaa. Yak, langsung saja ya, figur kreatif bagi saya adalah (jeng jeng jeeeng)…….

George Melies

Kalo pernah ngeliat film Hugo, mungkin kalian tidak akan asing dengan sosok yang satu ini. George Melies adalah seorang pesulap dan pembuat film berkebangsaan Prancis yang terkenal untuk memimpin perkembangan teknis dan narasi pada awal munculnya bioskop. George Melies merupakan seorang inovator produktif dalam penggunaan efek khusus di setiap filmnya, dimana telah menggunakan beberapa eksposur, selang waktu fotografi ,  dan pewarnaan dengan tangan dalam karyanya. Kemampuannya untuk memanipulasi, tampaknya mengubah realitas sinematografi. Singkat cerita, George Melies bisa dibilang merupakan seorang cinemagician dalam pembuatan film bertemakan fantasi.

Beberapa karya filmnya  yang terkenal adalah A Trip to The Moon (1902)

dan The Impossible Voyage (1904)

Sebenernya apa sih yang menarik dari film ini? Kalo penasaran, coba aja nonton film ini di youtube dan kalian pasti akan merasakan kebosanan yang akan mendalam #nahloh. Film ini memang film yang dibuat pada tahun 1900-an di mana kebanyakan pembuat film masih menggunakan metode hitam putih. Namun yang membedakan film ini dengan film lainnya adalah adanya pewarnaan. George Meiler berhasil menemukan metode baru untuk membuat film tersebut menjadi berwarna. Walaupun memang metode tersebut terbilang ribet dan memakan waktu lama, hal ini tidak menjadi hambatan bagi George Meiler untuk meneruskan penemuan barunya ini dan berhasil meraup untung yang banyak.

Selain itu, George Meiler yang dulunya seorang pesulap, berhasil menemukan cara untuk membuat efek-efek pada film bergenre fantasi. Misalnya efek terbang, ledakan, menghilang, dan sebagainya. Hal ini merupakan sesuatu yang menurut saya paling kreatif yang pernah ditemukan pada saat itu. Seorang George Meiler yang awalnya seorang pesulap bisa mengaplikasikan dan menggabungkan metode sulapnya untuk menciptakan suatu efek baru dan wow pada suatu film.  Mungkin untuk mencari tahu dan memperdalam sensasi ke-wow-an dalam kekreatifan dari George Meiler, Anda bisa menonton film Hugo dan rasakan sensasinya!

Glisera Agri Ariyan

Sejujurnya saya nggak tau mesti mulai dari mana untuk ngerjain tugas pertama ini yang notabene super telat banget ngumpulinnya. Terhasutnya saya untuk PRS mengikuti kelas ini bisa menjadi salah satu alasan. Ya sudahlah terlepas dari gimana nilai saya nanti gara-gara telat ngumpulin, mari kita lanjutkan topik dari tugas ini.

Glisera Agri Ariyan

Yak, itulah nama saya. Coba perhatikan percakapan berikut

S : Eh, kenalan dong, namanya siapa?

B : A. Kamu?

S : Sera

B : Hah? Sera? Quesera seraa, selama ada holcim~

A : …….

Itulah yang kebanyakan orang lakukan begitu denger nama saya, nyanyi soundtrack iklan holcim! Sebenernya saya nggak habis pikir kenapa saya begitu terikat dengan Holcim.  Saking seringnya ketemu orang penganut Holcimisme, setiap saya nyebut nama saat kenalan, saya akhirnya memutuskan untuk nyanyi lagu sambil ngaduk semen Holcim (yak nggak lucu).

Terlepas dari perholciman ini sebenarnya nama saya memang bisa dibilang aneh dan nggak biasa (ya kan?). Mungkin nama ini cuma ada satu di dunia. Percaya nggak percaya, coba aja ketik di Google dan lihat apa yang muncul. Sekedar sharing bagi pembaca, ada beberapa dampak memberi nama anak anda Glisera.

1. Pertama, ekspektasi orang lain yang belum pernah melihat anda akan sangat berbeda dari kenyataan. Kebanyakan orang mendengar nama ini akan berpikir bahwa si pemilik nama beragama non-Islam dengan wajah yang blasteran (ini temen saya lho yang bilang). Namun seperti yang anda lihat, saya jauh dari ekspektasi tersebut.

2. Diperlukan tenaga ekstra untuk menyebutkan nama Anda dan membuat orang lain mengucapkan dan menuliskannya dengan benar. Hal ini berakibat adanya keambiguitasan dan kebingungan massal yang bisa membawa Anda ke dampak yang lebih serius atau bisa saja membawa benefit bagi Anda. Misal : adanya kesalahan tulis nama pada ijazah SD  menjadi Eliser  (serius, ini terjadi pada saya), yang setelah dipikir-pikir nama ini lebih keren daripada nama yang seharusnya.

3.  Bersiap-siaplah menjadi tumbal karna guru-guru akan selalu mengingat nama Anda untuk menyuruh Anda maju dan mengerjakan soal di papan tulis, terutama guru kimia

Okey, kedua orang tua saya memang bisa dibilang terobsesi untuk ngasih nama yang beda untuk anaknya. Dan, lupakan segala kejadian yang telah saya alami di atas, saya sangat bangga dan berterima kasih kepada beliau yang memberikan nama ini dan membuat saya memang berbeda dari orang lain. Nama saya memang diambil dari unsur kimia. Mengapa kimia? Ibu saya adalah sarjana lulusan teknik kimia dan kimia talah menginspirasi beliau. Nama saya berasal dari kata dari salah satu istilah dalam kimia, Gliserol.

Di yahoo, disebutkan bahwa Gliserol adalah komponen pokok dari lipida yang merupakan alkohol gula (sugar alcohol), berasa manis, tidak berwarna, tidak berbau, berbentuk cairan pekat dan sangat bermanfaat di dunia obat-obatan. Dari pengertian ini bisa disimpulkan bahwa arti nama saya bisa jadi adalah sebuah doa supaya saya bisa menjadi seseorang yang manis, berlemak (dalam bahasa positifnya em, sehat) polos, tidak berbuat neko-neko, namun dapat bermanfaat bagi orang lain. Aminn, semoga cepet terwujud deh. Oh iya, saking kreatifnya beliau, kedua adik laki-laki kembar saya diberi nama depan Etano. Lucu bukan?

Nama tengah saya Agri. Agri diambil dari bahasa pertanian. Hayo tebak kenapa pertanian? Yap, karena ayah saya juga lulusan teknik pertanian (taraaa). Mungkin banyak orang akan berpikir, “Sera kan lulusan SBM nih, major finance, jangan-jangan anaknya dikasih nama Anova, Z-test, dll lagi” Hem, we’ll see ya haha. Oke lanjut, agri sendiri berarti pertanian. Lantas, maksudnya apa sih? Menurut ayah saya, Agri di sini merupakan sebuah doa bagi saya agar saya dapat berdiri sendiri dan kokoh dalam menghadapi segala hambatan dan rintangan yang terjadi, bagaikan sebuah tanaman yang kuat. Itu adalah harapan ayah saya saat memberikan nama itu.

Yang terakhir adalah Ariyan. Eits, tunggu dulu, kalo kalian berpikir ini istilah dari suatu major, kalian salah. Ariyan adalah gabungan nama dari ayah dan ibu saya, Supari dan Kuswaryanti. Ari-Yan. Saya sangat menyukai nama belakang saya ini. Gabungan nama ayah dan ibu saya ini seakan-akan mengartikan bahwa apapun dan bagaimanapun saya berkembang, kedua orang tua saya akan selalu menjaga, mengawasi, dan mendampingi saya sampai kapanpun. Doa mereka selalu menyertai saya dan segala yang terjadi, kedua orang tua saya ada di belakang saya dan melindungi saya.

Mungkin itulah kira-kira arti dari nama saya. Semoga bisa menginspirasi dan bisa meningkatkan rasa syukur atas doa-doa yang dipanjatkan oleh orangtua dalam nama kita 🙂