Out of Your Mind

Selamat datang di tugas kedua yeey!

Kali ini pembahasan kita mengenai kreatif. Sebenernya apa sih kreatif itu? Dan kenapa kita butuh kreatif? Untuk menjawab hal-hal tersebut, coba lihat video di atas yuk.

Video tersebut adalah salah satu cuplikan atau trailer dari acara National Geograohic, Test Your Brain. Pertama kali saya melihat iklannya saya cukup kaget akan segala fakta dari fenomena yang terjadi. Kalo sesuai sama judul postingan kali ini sih, bisa dibilang out of your mind. Inilah yang menurut saya disebut kreatif. Out of mind, fresh, dan nggak terduga oleh orang lain. Kreatif bagi saya bisa dikatakan sebagai suatu hal yang mengejutkan, sesuatu yang tidak biasa dan tidak terpikirkan oleh orang lain.

Pentingkah kreatif itu? Jelas saja penting. Kreatif sangat dibutuhkan, terutama di zaman globalisasi sekarang ini yang tingkat kompetisinya sangat tinggi. Kita membutuhkan sesuatu yang fresh dan tidak terduga untuk mengejutkan pasar. Kita dituntut untuk berpikir sesuatu yang lebih unik, lebih maju, dan lebih tidak dipikirkan orang lain untuk mendapatkan nilai tambah pada sesuatu yang ingin diberikan oleh konsumen atau pasar. Hal ini bertujuan tentunya untuk menarik lebih banyak konsumen yang secara tidak langsung “teperdaya” oleh persepsi baru yang berbeda dari kebiasaan.

Oke, berhubung tugas kedua adalah menjelaskan sosok kreatif, mungkin sampai di sini ada yang bertanya-tanya kira-kira siapa sih figur kreatif bagi saya? Dan mungkin ada beberapa orang yang berharap namanya disebutkan di sini #eaaa. Yak, langsung saja ya, figur kreatif bagi saya adalah (jeng jeng jeeeng)…….

George Melies

Kalo pernah ngeliat film Hugo, mungkin kalian tidak akan asing dengan sosok yang satu ini. George Melies adalah seorang pesulap dan pembuat film berkebangsaan Prancis yang terkenal untuk memimpin perkembangan teknis dan narasi pada awal munculnya bioskop. George Melies merupakan seorang inovator produktif dalam penggunaan efek khusus di setiap filmnya, dimana telah menggunakan beberapa eksposur, selang waktu fotografi ,  dan pewarnaan dengan tangan dalam karyanya. Kemampuannya untuk memanipulasi, tampaknya mengubah realitas sinematografi. Singkat cerita, George Melies bisa dibilang merupakan seorang cinemagician dalam pembuatan film bertemakan fantasi.

Beberapa karya filmnya  yang terkenal adalah A Trip to The Moon (1902)

dan The Impossible Voyage (1904)

Sebenernya apa sih yang menarik dari film ini? Kalo penasaran, coba aja nonton film ini di youtube dan kalian pasti akan merasakan kebosanan yang akan mendalam #nahloh. Film ini memang film yang dibuat pada tahun 1900-an di mana kebanyakan pembuat film masih menggunakan metode hitam putih. Namun yang membedakan film ini dengan film lainnya adalah adanya pewarnaan. George Meiler berhasil menemukan metode baru untuk membuat film tersebut menjadi berwarna. Walaupun memang metode tersebut terbilang ribet dan memakan waktu lama, hal ini tidak menjadi hambatan bagi George Meiler untuk meneruskan penemuan barunya ini dan berhasil meraup untung yang banyak.

Selain itu, George Meiler yang dulunya seorang pesulap, berhasil menemukan cara untuk membuat efek-efek pada film bergenre fantasi. Misalnya efek terbang, ledakan, menghilang, dan sebagainya. Hal ini merupakan sesuatu yang menurut saya paling kreatif yang pernah ditemukan pada saat itu. Seorang George Meiler yang awalnya seorang pesulap bisa mengaplikasikan dan menggabungkan metode sulapnya untuk menciptakan suatu efek baru dan wow pada suatu film.  Mungkin untuk mencari tahu dan memperdalam sensasi ke-wow-an dalam kekreatifan dari George Meiler, Anda bisa menonton film Hugo dan rasakan sensasinya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s