Social Media

ht_twitter_logo_jef_120321_wblog

Twitter. Siapa yang tak tahu dengan nama dan logo di atas. Bisa dipastikan bahwa hampir semua orang telah mengetahui dan mempunyai akun twitter. Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut (“follower”).

Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts. Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai “SMS dari internet”.

(Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Twitter)

Hal yang paling menarik dari Twitter ini adalah bagaimana ia bisa menciptakan suatu trend baru berupa “Tweet” yang sebenarnya bukan merupakan hal yang baru lagi. Tweet adalah kata lain dari berkicau atau bisa disebut sebagai ocehan atau curhatan. Twitter memposisikan dirinya sebagai brand atau jejaring sosial yang membebaskan para penggunanya untuk “berkicau” dengan fitur 140 karakter yang telah disediakan sesering yang mereka mau tanpa harus mengganggu orang lain (dibuktikan dengan adanya follow dan unfollow). Hal ini merupakan suatu terobosan baru yang memanfaatkan hal yang biasa dilakukan manusia. Bagaimanakah sebenarnya posisi dari Twitter, apa nilai tambah lain dari mereka sehingga Twitter menjadi salah satu jejaring sosial yang unggul di kalangannya? Mari kita lihat business model berikut :

Picture1

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s